Thursday 12 March 2015

Tehnik Memancing Mengunakan Kepiting

Halo sobat mancing setia apa kabarnya mudah mudahan dalam keadaan sehat selalu Amin...kali ini saya akan memberi sedikit artikel mengenai tehnik mancing mengunakan umpan kepiting, seperti kita ketahui ada berbagai macam umpan untuk memancing di air tawar yang tentunya sudah banyak sahabat tahu dan coba. Salah satunya dengan menggunakan kepiting (yuyu). Mancing dengan umpan kepiting satu ini banyak kita dapatkan dari lingkungan sekitar kita terutama di sungai-sungai air tawar tentunya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas trik dan tips menggunakan umpan tesebut. Adapun sasaran ikan dengan menggunakan umpan kepiting adalah ikan bader yang biasanya terdapat di air tawar dengan arus yang deras.

Tak jarang para pemancing yang menginginkan hasil tangkapan  besar maka menggunakan umpan ini sebagai umpan favorit semoga bisa menjadi solusi atas keinginan tersebut. lalu bagaimana caraya? Cara memasang dan piranti memancing dengan umpan kepiting adalah sebagai berikut:

- Sediakan gunting, senar pancing ukuran 16, swiffel beserta 3 mata pancing ukuran 4 dan 6.

- Buatlah rangkaian dalam 1 swiffel berisi 3 mata pancing atau hampir mirip membuat pancing ombyok.

- Untuk mata pancing yang ukuran 4 di buat senarnya sama panjang,.
Kira kira panjang senarnya 25 cm, yang nantinya mata kail tersebut  akan termakan oleh ikan.

- Kemudian buatlah mata pancing ukuran 6 senarnya lebih pendek kira kira 15 cm dari senar  mata pancing ukuran 4 fungsinya sebagai pengait atau penahan umpan biar tidak mudah hanyut terbawa arus dan merubah posisi kail ukuran 4 tadi. Sedangkan untuk memasang mata kail pada umpan potonglah dulu semua kaki ,capit dan bagian bawah kepiting.

- Kemudian gunting tepi atas kepiting setengah lingkaran.potong dang buka cangkang atas, jangan semua di kupas cukup sebagian (50% dari cangkang atas). Alasanya daging kepiting tidak akan mudah lepas atau hanyut ketika bagian cangkang atas hanya separo yang dibuka.

- Hal selanjutnya masukkan mata kail ukuran 4 satu persatu dari lubang bawah (anus kepiting) hingga tembus ke bagian atas cangkang sudah di kupas tadi menggunakan lidi atau alat lain yang bisa menembus kulit atau daging kepiting.letakkan kail di sisi kiri dan kanan bagian daging kepiting yang sudah terlihat tadi.

Kemudian kaitkan kail ukuran 6 di lubang anus kepiting.umpan siap untuk di lempar dan tinggal menunggu sambaran ikan.memancing adalah cara kita melatih kesabaran , selain tentu perhatikan juga iklim atau keberadaan ikan yang tentu anda sendiri telah tahu sebelumnya. penting juga bertanya kepada penduduk setempat bila anda memancing keluar dari daerah anda. hal ini untuk meminimkan “boncos” atau tidak dapat ikan sama sekali.

Nah sobat mancing setia itulah sedikit pemaparan mengenai tehnik mancing mengunakankepiting, mudah mudahan bisa bermanfaat.selamat mencoba.