Saturday 10 January 2015

Cara jitu Merawat Senar Dengan Rebusan Teh

Merebus senar mengunakan air teh mungkin pengalaman, senar kusut pada saat memancing sudah pernah anda alami, tentunya sangat tidak mengenakan bukan, apalagi kalau sampai mengalami putus kenur akibat kusut, pasti acara memancing menjadi tdk menarik tidak mengasikan, karena kita sudah kesal dan bete duluan karena benang kusut tadi.

Hal tersebut tentunya bisa dihindari jika kita mau lebih rajin, tuk merawat senar yang kita miliki, jadi anda tidak perlu sering sering membeli senar baru, dan yang pasti bisa menghemat pengeluaran anda atau bahkan bisa digunakan untuk membeli peralatan mancing lainya.

Berikut ini saya akan coba bahas cara merawat senar pancing, dengan cara direbus mengunakan air teh.

Ada beberapa hal yg harus diperhatikan diantaranya.

1. Rebus air secukupnya degan mengunaka panci.

2. Diamkan beberapa menit sampai air mendidih kemudian masukan satu bungkus teh tubruk degan posisi masih diatas kompor dan api masih menyala.

3. Aduk aduk sampai larut dan berubah warnanya.

4. Matikan kompornya kemudian angkat dan tuangkan air teh tadi kedalam baskom sambil disaring, agar daun teh terpisah.

5. Lalu masukan kenurnya dengan cara di ulur dari spool langsung, jangan merendam spool kedalam air.

6. Biarkan kenurnya terurai kedalam baskom selama tidak dikocek ,dan pada waktunya mengulur tetep posisinya kenur tidak akan kusut di dalam baskom.

7. Rendam sampai airnya Menjadi hangat, tetapi jangan sampai terlalu dingin, untuk mengujinya bisa dengan mencelupkan jari telunjuk kedalam baskom.

8. Setelah itu ambil ujung kenur kemudian gulung mengunakan spool seperti pada kemasan senar baru, pada waktu mengulung kenur.

9. Ulangi beberapa kali celupan.
10. Terakhir baru gulung kenur ke Ril.

Berdasar pengalaman saya pribadi, setelah proses pencelupan, kenur akan menjadi lebih lemas, lebih mudah tengelam dan lebih kuat.

Oya... gan kalau mau merendam kenur jangan mengunakan botol, karena akan mencetak, bentuk kenurnya menjadi melingkar -lingkar berbentuk gulungan pada botol.

Kalau mau mengulung kenur harus posisi air hangat, dikarenakan supaya kenur mudah digulung dan tidak kusut.
Kenur agak ditarik sedikit waktu mengulung, dikarenakan supaya kenur bisa menjadi sedikit lurus meskipun kondisi kenur sudah lemas seperti rambut, resikonya kenur akan berubah warna sesuai warna air teh, kecoklatan.

Nah sobat inilah sedikit tip dari saya, semoga bisa bermanfaat, selamat mencoba.