Saturday 28 March 2015

Tehnik Mancing Ikan Barramundi

Halo sobat mancing setia apa kabarnya?... Mudah mudahan dalam keadaan sehat selalu. Amin...
Nah sobat mancing setia kali ini saya akan mencoba Memberikan sedikit penjelasan mengenai " Tehnik Mancing Ikan Barramundi" yang dapat anda jadikan masukan dan bahan acuan untuk memancing anda.

Ikan Kakap Putih atau disebut juga Barramundi di daerah Semarang Jawa Tengah dikenal juga dengan nama lain: Ikan Pelik (dibawah 1kg), Ikan Ceplek (antara 1-2kg), Ikan Kakap Putih (diatas 2kg). Tapi sering mancing mania hanya menyebut Ikan Ceplek untuk semua ukuran. Ikan barramundi bentuknya sangat gagah dan kekuatan tarikannya sangat hebat.

Cara Mancing Ikan Kakap Putih
Habitat ikan kakap putih kalau di laut menyukai air dengan kedalaman 2-8 meter, berbatu-batu/karang, terowongan-terowongan beton/bambu atau disekitar akar-akar bakau yang tepat berada di tepi laut. Untuk kedalaman 10 meter masih bisa dihuni Ikan kakap putih asalkan ada rumpon besar seperti kapal karam atau lainnya yang berfungsi sebagai rumah kakap putih.

Muara sungai dan sungai berdekatan dengan laut juga disukai ikan kakap putih terutama oleh ikan-ikan kakap putih babon berukuran besar. Karena sepertinya ikan-ikan kakap putih kimpoi dan bertelur di sungai bermuara langsung ke laut.

Ikan kakap putih cara mancingnya sangat jauh berbeda dengan Teknik Mancing Ikan Kakap Merah. Ikan kakap putih dikenal sebagai ikan susah kena pancing karena sensitif.
Ikan Barramundi ada 2 jenis hanya berbeda pada matanya. Pertama kakap putih bermata coklat bening tanpa pupil, kalau terkena sinar bisa menyala dan biasanya beraktifitas pada malam hari. Kedua ikan barramundi atau kakap putih dengan mata berpupil seperti ikan lain pada umumnya.

Waktu makan ikan kakap putih biasanya dimulai jam 16.00-17.00 dimana angin laut mulai meredup, kemudian angin berubah menjadi angin darat sebentar kemudian angin timur. Selama angin tidak terlalu kencang ikan kakap putih masih mau makan. Sekitar jam 23.00-24.00 saat angin berubah Tenggara sehingga ikan kakap putih berhenti makan sampai angin dari timur muncul lagi sekitar jam 03.00-04.00 sampai jam 08.00. Kalau angin masih bagus kadang ikan kakap putih masih ada yang mau makan.

Kondisi air juga mempengaruhi dalam memancing kakap putih. Saat air pasang naik ikan kakap putih senang makan. Saat air full ikan kakap putih mulai kurang bergairah untuk makan. Saat air turun dan max pada titik bawah ikan kakap putih  mulai makan lagi. Pada kondisi air ngelambar (ada lapisan lumut/plankton tipis di permukaan ) ikan kakap putih jarang mau makan. Ini dikarenakan kenur bergerak akan menimbulkan semacam sinar di permukaan membuat ikan kakap putih menjauh.

Umpan yang digunakan mancing ikan kakap putih pada umumnya Udang Putih. Selain lebih kuat berenang dibanding Udang Tenger, udang putih matanya akan menyala di dalam air pada waktu malam hari. Selain itu menggunakan ikan Belanak tapi ini harus full kontrol karena ikan ini suka masuk ke sela-sela batu/rumpon. Belanak dipakai saat ada bulan karena kakap putih makan di permukaan. Kadang dipakai juga ikan Betik/Betok atau Mujahir Tambak sebagai umpan mancing kakap putih. Umpan Betok dipakai untuk mancing Kakap Pomah (rumahan). Kakap pomah ini biasanya besar karena kakap putih bertempat tinggal menetap disuatu tempat atau punya teritori sendiri.

Cara mancing ikan kakap putih secara tradisionil dengan menggunakan umpan udang putih biasanya dengan piranti joran sekitar 7' bisa carbon atau bambu sambung fiber pada ujungnya. Yang jelas harus Fast Action. Kenur mono standard 25lb. Mata kail, kalau Mustad Saltwater pake nomer 1 atau 2 ikat mata kail dengan cara pelintiran sekitar 15-20cm. Tusukkan mata kail pada sisi ruas ekor sampai tembus ke samping. Tidak perlu diberi pemberat kecuali mancing di rumpon atau kondisi arus agak deras baru boleh diberi timah lipat sedikit saja.

Kalau mancing ikan kakap putih pakai reel maka pagar reel (bail arm) harus selalu dibuka. Ini karena kenur harus terus terulur bebas mengikuti gerakan renang udang. Atur kenur keluar dengan menggunakan jari. Akan lebih mudah jika menggunakan kelosan/bendrong. Berhati-hatilah dalam menekan keluarnya kenur ketika mancing kakap putih, tidak boleh terlalu kencang karena saat udang disambar kakap putih kenur ini akan terulur cepat.

Karakter ikan kakap putih saat menyambar udang biasanya langsung dibawa lari, tapi udang masih dijepit di bibir olek kakap putih dengan posisi kepala di dalam mulut. Kalau saat sambaran pertama kenur sedikit tersendat oleh jari, udang ini akan langsung dilepaskan oleh kakap putih, dan jika ini terjadi gantilah udang tersebut dengan udang baru. Saat kakap putih pertama kali menyambar udang, pedang udang itu akan dipatahkansi kakap putih. Menurut pengalaman kakap putih tidak tertarik lagi menyambar udang dengan pedang patah.

Jadi tekniknya untuk mancing kakap putih yaitu ulurlah saat sambaran pertama dari kakap putih. Sebentar kemudian, uluran akan berhenti. kakap putih berhenti untuk memasukkan seluruh udang ke dalam mulutnya/mengunyah. Saat ini kita dengan sangat pelan-pelan menggulung kenur biar tidak terlalu kendur. Setelah udang masuk ke mulut kakap putih, Kakap putih akan berjalan lagi. Saat inilah yang tepat buat gentak joran.

Kadang ada kakap putih menyambar terus lari tanpa henti. Tunggu dulu dalam waktu sekitar 5-8 detik kalau ikan kakap putih tidak berhenti bisa langsung gentak. Waspadai juga kebanyakan cara makan kakap putih besar. Kakap putih akan menyedot dengan keras, tapi hanya berenang pendek. Kemudian kakap putih jalan lagi tapi pelan-pelan. Bersiap-siaplah fight dalam waktu lama. Kadang juga ada kakap putih makan dengan sedotan besar, tapi setelah itu kakap putih mogok tidak berjalan-jalan, berarti itu Kerapu besar. Usahakan dalam fight (selain di rumpon) joran tetap tegak dengan tujuan kenur tidak terkena bagian sisi samping insang kakap putih yang tajamnya seperti pisau.

Mancing kakap putih dengan menggunakan minnow. Pilihlah minnow jenis deep diver berbody slim. Biasanya minnow untuk kakap putih bentuknya sedikit melengkung kebawah seperti udang.

Nah sobat mancing setia itulah sedikit penjelasan mengenai tehnik mancing ikan barramudi semoga bisa bermanfaat. Selamat mencoba.

Contoh: Lure untuk mancing ikan barramudi.