Friday 6 March 2015

Tehnik Jitu Memancing Udang Galah

Apa kabar sobat mancing mania semoga dalam keadaan sehat selalu Amin..kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai "tehnik memancing udang galah" yang dapat anda jadikan masukan dan bahan referensi untuk memancing anda.

Mengingat perkembangan memancing  di Indonesia sangat pesat atau ramai, banyak para pemancing menggunakan teknologi internet sebagai sarana untuk mencari informasi cara memancing, cara membuat umpan yang jitu, tehnik memancing, harga alat pancing (joran, reel, popper, minnow, bait casting, senar), tempat dan spot memancing yang banyak ikannya. Oleh karena itu, saya mencoba memberikan beberapa masukan dan artikel bagi para pemancing untuk memudahkan pencarian.

Pada artikel yang akan saya mengenai "tehnik memancing udang galah", apabila sebagian artikel yang saya buat ini kurang lengkap dan kurang jelas. Anda dapat mencari diinternet.

Udang memiliki anatomi yang berbeda dengan ikan, oleh karena itu cara memancing udang galah pun juga berbeda dengan memancing ikan pada umumnya. Ketelitian sangat diperlukan dalam memancing udang galah ini. Sebenarnya penggemar mancing udang sangat banyak di indonesia, hanya saja mereka tidak terexpose oleh media-media. Sehingga informasi tentang mancing udang ini tidak sepopuler mancing ikan. Tapi hal ini tidak mempengaruhi bagi mereka yang gemar memancing udang.

Hal hal yang harus diperhatikan pemancing udang ialah peralatan Mancing.

1. Gunakan joran Antena atau Sambung Dua yang halus dan lentur pada bagian ujungnya agar lebih sensitif dan juga memiliki cincin atau ring yang kecil. Panjang joran antara 1.3 – 1.8 m

2 . Reel spinning untuk kolam ukuran 2-8 lbs

3. Line Monofilament ukuran 1-2 lbs pada mainline dan 2-8 lbs untuk leader

4. Gunakan kail khusus untuk udang atau circle hook tanpa kait (barbless)

5. Timah dengan bentuk telur atau lonjong dilengkapi dengan stopper. Timah juga jangan terlalu
berat yang penting tidak terbawa oleh arus.

Umpan : Umpan yang digunakan untuk mancing udang galah biasanya cacing tanah, cacing susu, cacing bakau, bahkan anak udang. Sementara untuk chumming digunakan kelapa bakar yang dipecah-pecah.

Spot Udang Galah : Pada saat air pasang dan curah hujan tinggi adalah waktu yang harus dihindari untuk mancing
udang, Karena sangat sulit untuk mendapatkan udang pada waktu itu udang akan sangat agresif untuk dipancing pada waktu malam hari. Tempat favorit bagi udang biasanya diantara kayu log/glondongan yang terendam di sungai, selain itu udang juga sering bermain dibagian dasar sungai.

Memancing udang galah harus sabar, lembut dan penuh perasaan. Pada saat umpan dimakan oleh udang, joran akan melengkung, yang perlu kita lakukan tahan saja jangan digentak karena akan
membuat mulut udang robek. Angkat joran pelan-pelan sambil menggulung reel pelan-pelan dengan
posisi ujung joran diatas udang sehingga line tegak lurus dengan permukaan air. Udang biasanya
jika terkena pancing akan mundur kebelakang dan membengkokan tubuhnya, jika digentak atau
ditarik terlalu kencang akan membuat mulutnya sobek terkena kail.

Pada saat udang berhasil dinaikan keatas jangan pernah menyentuh atau memegang ekor udang, karena terdapat semacam sungut yang cukup tajam serta di kepala udang terdapat tanduk yang bergerigi yang cukup sakit jika tertancap di jari. Sementara capitnya tidak terlalu berbahaya asal tidak terkena ujung capitnya saja.

Nah sobat mancing setia itulah sedikit mengenai tips atau tehnik memancing udang galah, mudah mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi para pemancing setia. Selamat mencoba.