Monday 12 January 2015

Cara Budidaya Kroto Super


Halo Kawan apa kabar? Semoga senantiasa di berikan kesehatan pada kita semua.
Baik kawan kali ini saya akan berbagi Tips untuk kawan-kawan yang menggeluti maupun yang ingin usaha ternak kroto.

Sering dulu saya kwatir bagaimana jika semut-semut yang berada di rak itu tiba-tiba stress entah karena pakan habis atau kecocokan suhu maupun adanya predator lain yang menyebabkan semut bergelantungan yang berakibat fatal, semut rang rang keluar berhamburan meninggalkan rak.

Pengaman pada rak mungkin sudah cukup dengan adanya bak berisi air, yang ada pada tiap kaki rak (kandang). Namun kemudian kepikiran jika rak-rak itu berada di dalam kolam ikan?. Nah selain semut kroto aman kita juga tidak risau semut jatuh (stress) saat kita berpergian.

Berikut tips tips yang harus diperhatikan.

Persiapan mutlak :
1. Kolam atau jolang besar berisi air
2. Rak semut

Ember besar ( jolang) bisa isi dengan air secukupnya.

Tips Kroto jadi Aman

1. Bungkus kaki-kaki rak dengan plastik jika anda menggunakan rak kayu/bambu agar nantinya awet saat berada didalam ember besar(jolang).

2. Pastikan rak kokoh tidak goyang-goyang saat ditempatkan didalam jolang.

3. Jarak antara shaft/tingkat pertama rak dengan air minimal 30cm atau lebih

4. Jika sudah siap tempatkan kaki kaki Rak ditengah-tengah jolang yang berisi air.

5. Jika sudah siap kemudian pindahkan semut rang-rang dengan santai agar tidak memicu gerakan tiba-tiba yang menyebabkan semut keluar berhamburan dari media/toples.

Bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang instant. Semua hal butuh perjuangan, kerja keras, ketekunan dan kesungguhan dalam menuju gerbang keberhasilan. Sama halnya dalam budidaya kroto, kesungguhan dan kerja keras serta semangat untuk belajar dan maju mutlak diperlukan.
Pertama, menjadi mental  pembelajar.

Budidaya kroto meski sekilas tampak mudah, tetap membutuhkan ilmu khusus dalam tingkat penerapannya. Sehingga ketika anda gagal dalam budidaya kroto, jangan lantas memvonis bahwa ini mustahil bakal berhasil. Namun, bukalah pikiran anda bahwasanya pasti ada jalan, jika mau belajar.

Rawatlah bibit semut kroto anda dengan cara yang benar. Berikanlah makanan dan minuman tepat waktu. Jangan sampai anda memberikan makanan telat waktu. Sebab bila itu terjadi, bisa dipastikan bibit semut kroto anda setress dan semakin habis.

Hindari dari cahaya yang terlalu terang dalam lokasi budidaya kroto anda. Mengapa demikian? Lokasi yang terlalu cerah menyebabkan semut merasa tidak nyaman di kandangnya. Maka, pilihlah lokasi yang agak sedikit gelap sehingga bibit semut kroto anda nyaman dan terus berproduksi.

usahakan dalam ruangan atau lokasi yang sepi. Sebaliknya, lokasi semut yang ramai kurang baik bagi budidaya kroto.
Selalu memerhatikan kondisi koloni semut. Bila ada toples yang tampak mulai ditinggalkan koloni semut, segeralah pindah toples tersebut (tanpa merusak sarang didalamnya) ke tempat tepi.

hindari kontak matahari langsung. Kontak matahari langsung membuat semut kepanasan. Akibatnya, semut bisa setress dan menjatuhkan diri ke lantai. Ketujuh, usahakan dalam ruangan beratap yang sejuk.
Ketujuh, usahakan ada ratu semut rangrang dalam jumlah yang wajar. Ratu menurut pengalaman kami sangat penting karena membuat semut nyaman dan turut menyumbang dalam produksi telur kroto.

Hindari budidaya kroto di bawah ruangan yang panas, misalnya di bawah seng, asbes dan lain sebagainya. Demikian sedikit tips sukses dalam budidaya kroto. Semoga bermanfaat dan anda bisa berhasil dalam budidaya kroto  di masing-masing daerah anda. Selamat mencoba.